Laman

17 Maret 2011

Cuka lebih ampuh daripada sabun!

Cuka atau asam asetat dikenal sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa asam makanan dan menghilangkan bau amis pada daging dan ikan. Ternyata, cuka juga dapat digunakan sebagai cairan pembersih alat rumah tangga, lhoo..!
Seriuus.. 
Cuka, si cairan asam multiguna

Inilah manfaat lain dari cairan cuka:
1. Blender kotor.
   Blender, alat yang sering digunakan untuk menghaluskan bahan masakan ini sangat sulit untuk dibersihkan setelah pemakaian. Jika hal ini terjadi, gunakan campuran air, sabun cuci piring, dan cuka. Tuang campuran tersebut ke dalam blender dan nyalakan blendernya selama 30 detik. Buang campuran air tadi dan bilas blender dengan air hangat.

2. Karat pada logam.
    Untuk menghilangkan karat, siapkan satu sendok makan cuka dicampur satu sendok teh garam dapur. Gosokkan campuran tersebut ke bagian perkakas logam yang berkarat. Setelah karat hilang, bersihkan dengan air garam.
Kemasan Cuka yang lainnya

3. Shower mampet.
    Air tanah yang mengandung besi, tanah, atau pasir halus bisa jadi penyebab shower menjadi mampet. Untuk mengatasinya, siapkan 1 liter air panas, kemudian tuangkan satu cangkir cuka dan aduk. Rendam kepala shower dalam larutan tadi selama 10 menit saja!. Angkat, lalu bersihkan dengan kain. Selesai sudah masalah mampet-mampetan shower. Hehe.

4. Sisa minyak.
    Noda minyak sering terlihat di sekitar kompor dan perkakas dapur. Sayangnya, minyak sangat sulit dibersihkan. Solusinya menjadi mudah saat anda memiliki cuka! Yeeah. Caranya, tuangkan cuka secukupnya kedalam 2 liter air. Celupkan perkakas yang ingin dibersihkan ke dalam larutan tadi. Noda minyak akan luntur dan seletah itu bilas dengan air bersih. Kemudian, coba anda celupkan kain kering ke dalam larutan tadi, lalu gosokkan di sisi dapur yang terdapat noda minyaknya.

5. Lantai kusam.
    Lantai keramik dengan usia pakai lebih dari lima tahun biasanya berubah menjadi kotor dan kusam. Untuk mengatasinya, tuangkan cuka ke permukaan lantai yang ingin dibersihkan. Diamkan selama 5 menit. Kemudian bersihkan dengan kain pel hingga bersih. Pel sekali lagi dengan air untuk menghilangkan bau cuka.

Bagaimana? ternyata cuka memang multiguna bagi anda yang suka berurusan dengan peralatan dapur. Haha..

Sumber: Harian Suara Merdeka

0 komentar:

Posting Komentar