Laman

17 Maret 2011

Handphone pertama di dunia

Saat ini, saya bisa membayangkan anda sedang berselancar di dunia maya dengan meletakkan handphone di dekat anda. Handphone, alat yang sangat membantu anda dalam berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja, dan dimana saja dengan biaya yg sangat murah. Bentuknya yg mini dan memiliki berat yang ringan menjadikan anda untuk bebas membawanya kemana saja.
Namun, apakah anda sudah tahu seperti apa sejarah Handphone (HP) pertama kali ada di muka bumi?

DR. MARTIN COOPER adalah orang yang patut kita hargai atas inovasinya, yaitu HANDPHONE. Pada tahun 1973, si jenius yg bergabung dengan Arraycomm Inc. ini memperkenalkan handphone pertama di dunia.
Bentuk handphone yang sederhana dan sangat sangat besar ukurannya itu hanya memiliki layar kecil, keypad yang sederhana, dan belum bisa dipakai untuk mengirimkan SMS. Beratnya sekitar 800 gram (hampir 1 kilo!)
Dr. Martin Cooper mencoba menghubungi saingannya Joel Engel di New York dengan menggunakan penemuannya tersebut pada tanggal 3 April 1973.
Dr. Martiin Cooper

Handphone bernama Dyna TAC 8000X ini merupakan HP Generasi 1, setelah sebelumnya sudah eksis terlebih dahulu yang bernama Radio, Handy Talkie, dsb dalam HP Generasi 0. Tapi jangan salah, Dyna TAC 8000X di launching dengan harga yang selangit, yaitu USD$3.500.
Dyna TAC 8000X seharga $3.500

Jaringannya menggunakan Band 800Mhz dan menggunakan sistem analog yang hanya bersifat regional.
Sifatnya yg hanya regional ini menyebabkan kurangnya keleluasaan pengguna dalam bermobilitas karena jaringan hanya bersifat lokal dan belum seperti seluas sekarang ini.
Naah, bayangkan jika anda hidup di tahun 1973 dan menginginkan teknologi HP yg mutakhir seperti sekarang ini? Ahh,,bagi saya, Dyna TAC sudah cukup. Haha..
Terima Kasih

sumber: WikiPedia

0 komentar:

Posting Komentar